Tokoh Besar Ulama Ahlusunnah, Ahli Hadis Dan Pakar Ilmu Jarh wa Ta’dil; al Khathib al Baghdadi Adalah Seorang Pamabok!

Abdul Aziz an Nakhsyabi berkata:

Al Baghdadi seorang hafidz yang kuat kefahamannya. Akan tetapi ia dituduh gemnar meminun khamer. dahulu setiap aku berjumpa dengannya, ia mendahuluiku dana mengucapkan salam. Lalu pada suatu hari aku berjumpa dengannya, ia tdai mengucapkan salam kepadaku, aku temukan ia berubah wajahnya. Setelah ia lewat, sebagian temanku menemuiku dan berkata, “Engkau berjumpa dengan ABu Bakar al Khathib dalam keadaan mabok!

Aku berkata, “Aku jumpai ia dalam keadaan berubah wajahnya, aku tidak mengatahui bahwa ia sedang mabok. Mungkin ia sudah bertaubat, isya Allah!

Suhbanallah! Lagi-lagi kita dikagetkan dengan data berbahaya ini!

Seorang ulama besar, dan pakar hadis dan sejarah ternyata seorang pemabok!

Apakah mereka mencontoh para “Salaf Shelah dan Khalifah Nabi saw” yang juga gemar bermabok-mabokan, seperti Mu’awiyah, Yazid, Harus ar Rasyid dkk?! Atau memang ada hukum pengecualian bagi para ulama ahli hadis karena mereka sudah bersuauh payah membela Sunnah Nabi mulia? Atau entah mengapa, kok begini jadinya?!

Al Khathib al Baghdadi Gemar Bermesraan Dengan Abg Imut

Selain gemar mabok, juga diriwayatkan bahwa al Khathib sering didatang oleh seorang Abg imut ke rumahnya.. sehingga orang-orang mencurigainya punya kelainan sek!

Dan karenanya ia diusir darim kota Damasqus dan tinggal di Shur.

Data tentangnya telah diriwayatkan oleh seorang ulama besar dan hafidz agung bermazhab Syafi’i dan juga murid setia al Khtahib sendiri, ia bernama Makki ar Rumaili.